Kamis, 07 Maret 2019

JAWABAN UTS MANAJEMEN STRATEGIK - NOMOR DUA


Perusahaan yang telah melakukan analisis eksternal (PEST analysis : politic, economic, social-cultural, technology) maupun internal (financial, technical, human resources, production line), seluruh data atau informasi akan diolah oleh top management dalam SWOT analysis.

Strength adalah kekuatan yang dimiliki perusahaan berasal dari sumber internal berupa keunggulan asset fisik, keunggulan kondisi keuangan, keunggulan jasa pelayanan, dan lain-lain. Sama halnya dengan weakness atau kelemahan perusahaan.
Opportunity adalah segala peluang bisnis berasal dari analisa eksternal perusahaan (PEST Analysis dan five forces) yang nantinya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh perusahaan. Begitu juga dengan Threat atau ancaman bagi perusahaan. Dalam five forces yang disampaikan oleh Michael Porter opportunity dapat dipengaruhi oleh suppliers dan customers. Semakin banyak suppliers dengan berbagai harga maka perusahaan semakin mudah untuk memilih supplier mana yang lebih menguntungkan begitupun dengan sebaliknya apabila suppliers hanya beberapa pilihan bahkan hanya satu-satunya maka tidak menutup kemungkinan supplier tersebut menentukkan harga yang tinggi. Apabila customer merasa harga yang kita tawarkan sesuai kualitas dan cocok untuknya, pembeli akan terus berlangganan pada perusahaan dan sebaliknya, jika calon pembeli merasa produk yang kita tawarkan terlalu mahal maka konsumen akan mencari pelaku usaha lain yang dirasa lebih menguntungkan.
Sedangkan threat dapat dipengaruhi oleh new entrants atau pendatang baru ke dalam pasar suatu perusahaan yang dapat meningkatkan laba dan threat of substitute products atau produk yang dapat tergantikan.

Berikut adalah cara menyusun matriks SWOT Analysis :

  1. Mengumpulkan data-data terpenting yang memiliki dampak besar untuk perusahaan bagi top management
  2.  Bagi data-data penting tersebut dalam analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat)
  3. Lalu SO akan menghasilkan kemungkinan-kemungkinan apa saja yang dapat mengembangkan perusahaan, WO akan menciptakan potensi dengan kelemahan yang perusahaan miliki, ST adalah cara-cara menghadapi ancaman dengan kekuatan perusahaan, dan WT adalah kelemahan perusahaan yang jika terkena dampak ancaman maka harus diminimalisir dengan strategi.


Dengan pengkajian analisis SWOT tersebut, perusahaan akan mengetahui bagaimana kinerjanya (internal) juga mengidentifikasi potensi bisnis serta ancaman bagi perusahaan (eksternal). Setalah hal tersebut dilakukan, maka management dapat membuat strategi yang jitu untuk perusahaannya dimulai dari PEST Analysis, SWOT Analysis yang dihubungkan dengan Porter’s Five Forces.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar